Selamat Datang Manager

Kamis, 19 April 2012

Membuat Kwitansi Dengan Visual Basic Excel

Pada posting terdahulu saya telah membuatkan Kuitansi secara sederhana dengan program Microsoft Excel, namun kali saya buatkan lagi tetapi dengan memakai terbilang dengan Visual Basic, pada menu ribbon Developer yang ada di Office Excel.

Sering orang merasa kesulitan dalam megisi angka terbilang pada form kuitansi maupun pekerjaan lain di Excel yang membutuhkan penerjemahan angka ke terbilang. Menerjemahkan angka ke dalam kata-kata dengan program Microsoft Excel 2007 maupun 2010 dengan bantuan aplikasi Visual Basic pada microsoft Excel atau yang dikenal sebagai macro. Fungsi dalam list program yang dipakai nantinya sebenarnya dapat digunakan pada aplikasi MS Office atau aplikasi Visual Basic lainnya.

Fungsi tersebut akan berguna untuk menerjemahkan angka ke dalam kata-kata sampai dengan 15 digit termasuk nilai desimal (ratusan trilian apabila tanpa nilai desimal). Angka 15 digit ini merupakan nilai yang dapat ditampung MS Excel sebelum dirubah ke nilai exponen.

Langkah-langkahnya:
1. Buka aplikasi Microsoft Office Excel.

2. Aktifkan menu ribon Developer pada Excel 2007, cara mengaktifkan dapat dipelajari pada postingan "Mengaktifkan menu ribbon developer di Excel" terdahulu...

3. Klik pada bagian Visual Basic atau AltF11. Lalu setelah itu, pilih Insert > Module. Pada Module 1 yang baru dibuat, letakkan kursor pada bagian Code. Apabila belum muncul atau beralih ke bagian tersebut pilih View > Code (F7).


4. Pada lembar kosong tersebut copy paste-kan list program pada file terbilang.txt. kalau belum ada silahkan download dulu.


5. Lihat Setelah Anda selesai mengcopy pilih Close and Return to Microsoft Excel untuk kembali ke workbook di Excel.

6. Simpan workbook tersebut, namakan misalnya nama file debgan terbilang.

7. Sekarang Anda dapat mencoba fungsi tersebut dalam penggunaan di kuitansi silahkan download file kuitansi excel 2007 disini.

8. Pada sel F9 ketikkan rumus =terbilang(D18), lalu enter.

9. Jika terjadi peringatan: "Security Warning Macros have been disabled" klik Options, lalu ceklist enable this content, lalu Ok.


peringatan Security Warning


Berikut contoh penulisan fungsi tersebut pada kuitansi excel.


Silahkan download terbilang.txt (file notepad) dan file kuitansimakro.xlsx (file Excel) secara gratis dan tanpa dipassword.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar